News

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama Pelaku Industri

Posted on Senin, 4 September 2017, 22:06
IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di kedua negara. Dalam pertemuan kali ini MAI membawa daftar tujuh perusahaan Malaysia yang siap membuat usaha patungan dengan perusahaan Indonesia.
 
"Kami sementara ini membawa daftar nama tujuh perusahaan yang sangat siap melakukan joint venture dengan perusahaan Indonesia. Ini merupakan langkah untuk mewujudkan kerja sama secara kongkret," kata Chief Executive Officer MAI Dato' Madani Sahari, di Jakarta, 9 Agustus 2017. 
 
Perusahaan yang kami bawa ini bergerak dalam berbagai aspek industri otomotif, dari perusahaan sensor, aksesori dari plastik, pedal gas, perusahaan metal stamping, dan perusahaan minyak pelumas dan additive. "Semua perusahaan itu sudah memasok produknya ke produsen otomotif utama di Malaysia. Bahkan ada yang sudah melakukan ekspor dan bermitra dengan investor dari China."
 
Karena perusahaan patungannya akan berada di Indonesia, kata Dato' Madani, kepemilikan perusahaan Malaysia sebaiknya tidak menjadi pemegang saham mayoritas. MAI, kata dia menyarankan perusahaan Indonesia memegang saham 51 persen dan perusahaan Malaysia 49 persen. "Kami sudah memberitahukan kepada perusahaan Malaysia dia masuk sebagai share partner di perusahaan yang sudah ada atau membuat perusahaan baru."
 
Dato' Madani menambahkan kerja sama ini diharapkan dapat segera direalisasikan. Bersama mitranya Presiden IOI Made Dana Tangkas dalam kesempatan itu juga menyusun acara peresmian kerja sama tersebut di kedua negara. "Waktunya kemungkinan sekitar akhir September yang diharapkan bisa dihadiri pejabat kementerian perindustrian dari kedua negara," kata Made Dana.
 
Made Dana menambahkan kerja sama antara kedua lembaga akan terus dilanjutkan. IOI yang baru berdiri, lanjutnya, ingin banyak belajar dari MAI yang relatif sudah berdiri lebih lama dan lebih berpengalaman. "Khususnya menyangkut peran lembaga di bawah kementerian perindustrian yang berpengaruh untuk mengembangkan sektor industri otomotif nasional," ujarnya.
 
Secara khusus dia mengungkapkan bagaimana IOI bisa menjadi lembaga yang bisa memberi masukan kepada pemerintah dan industri otomotif dalam berbagai aspek kegiatannya. Dari soal standar kompetensi tenaga kerja sektor otomotif, bagaimana mendukung terciptanya iklim usaha yang kompetitif dan mendukung pertumbuhan industri penunjang, dan bagaimana bisa mengamankan kepentingan nasional kita.   
 
Mengutip Dato' Madani, ada pola kerja sama riset dan pengembangan yang bisa dilakukan dengan negara lain yang mungkin bisa dicontoh. Misalnya soal hasil kerja sama antara kementerian industri dan Australia namun  intellectual property-nya (IP) bisa dimiliki oleh Malaysia. "IP itu didanai oleh kerajaan karena mahal dan perusahaan swasta hanya perlu membayar lisensi untuk dipakai dalam proses produksi."    
 
 
 
 
 

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

3 Sep 2017

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal...

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri...

31 Augt 2017

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek...

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesi...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur

21 Jan 2017

Team IOI bertemu Presiden RI di Ist...

Team IOI sudah bertemu Presiden RI di Istana Negara utk mendapat doa restu


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.