News

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal Membuat Mobil

Posted on Minggu, 3 September 2017, 12:19

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri manufaktur mobil nasional yang berkesinambungan.

“Kendaraan pedesaan bukan hanya semata membuat mobil, namun bagaimana industri manufaktur mobil bisa terbentuk, melibatkan seluruh industri pendukung termasuk kapabilitas Sumber Daya Manusia anak bangsa,” ujar Airlangga di Jakarta, Kamis (31/8).

Hal itu disampaikan Menperin pada Pre Kick-Off Meting Kendaraan Pedesaan dalam rangka diskusi penyusunan kebijakan Kendaraan Pedesaan yang bersifat holistik dan sinergis yang bertempat di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin).

Diskusi dihadiri oleh jajaran Kemenperin dan pihak terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Perhubungan.

Selain itu juga perwakilan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), perwakilan dari Pemerintah-Pemerintah Daerah, Akademisi, asosiasi industri otomotif, asosiasi industri komponen, dan perwakilan dari industri kecil dan menengah.

Pada kesempatan sama juga dilakukan Workshop Pengaturan Regulasi dan Rancangan Perpres Kendaraan Pedesaan Indonesia. Forum itu membahas sejak kerja sama antar lembaga, tujuh kebutuhan alat angkut di pedesaan, kesiapan industri kecil dan menengah untuk mendukung pengembangan kendaraan pedesaan, hingga soal pendanaan.


Aktifkan rantai pasok domestik

Kebijakan Kendaraan Pedesaan yang bersinergi diperlukan agar program kendaraan pedesaan dapat berjalan lancar dan mencapai target utamanya, yaitu mendukung mobilitas pedesaan yang akan membantu pergerakan roda ekonomi di desa. Kendaraan pedesaan juga dimaksudkan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan anak bangsa untuk membangun industri otomotif.

Sebelumnya, Kemenperin dan Institut Otomotif Indonesia (IOI) telah melakukan Lomba Desain Kendaraan Pedesaan yang diikuti peserta dari berbagai perguruan tinggi. Pengembangan dan desain alat angkut atau kendaraan tidak hanya diarahkan untuk meningkatkan mobilitas produk ekonomi pedesaan seperti pertanian dan peternakan, tapi juga sekaligus untuk meningkatkan produktivitas.

Oleh karena itu, desain kendaraan akan disesuaikan dengan kondisi geografis dan karakter perekonomian masing-masing daerah. Setiap daerah berpotensi mengembangkan kendaraan pedesaan dengan menggunakan lisensi dari Kemenperin.

Hal ini diperlukan agar potensi pasar kendaraan ini bisa diarahkan untuk pengembangan industri kecil menengah (IKM) di setiap daerah, diharapkan dalam implementasi kendaraan pedesaan ini akan dijalankan oleh pelaku industri domestik.

“Kendaraan pedesaan yang dikembangkan adalah atas permintaan Kemenperin untuk mengembangkan industri kendaraan pedesaan yang sifatnya open-source. Kendaraan pedesaan harus bisa menjadi lokomotif yang menarik gerbong rantai pasok industri domestik,” ungkap Presiden IOI Made Dana Tangkas.

Kick-Off Kendaraan Pedesaan sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada akhir bulan September 2017.

 

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

4 Sep 2017

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama P...

IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di ke...

31 Augt 2017

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek...

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesi...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur

21 Jan 2017

Team IOI bertemu Presiden RI di Ist...

Team IOI sudah bertemu Presiden RI di Istana Negara utk mendapat doa restu


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.