News

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek" Mobil Listrik

Posted on Kamis, 31 Agustus 2017, 09:47
IOI NEWS - Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesia (IOI) mendorong Bali sebagai pilot project untuk pengembangan kendaraan dengan listrik sebagai sumber energinya.
 
"Rencana perlunya mengembangkan kendaraan listrik ke depan perlu mendapat dukungan semua pihak. Saya lihat ini bagus ya, kita dukung program pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif di Tanah Air yakni kendaraan listrik," kata Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI) Made Dana Tangkas, MSi di Nusa Dua, Badung.
 
Hal ini disampaikan Made Tangkas di sela Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas draft Peraturan Presiden (PP) Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan yang diadakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhir pekan lalu. 
 
Indonesia, lanjut Made Tangkas, memiliki potensi sumber daya alam melimpah ruah yang bisa mendukung pengembangan energi kelistrikan apakah berbentuk fosil maupun energi baru dan terbarukan. Dari potensi energi panas bumi geothermal dan lainnya. Semua dukungan sumber daya alam itu tentunya bisa diolah agar nantinya bagaimana bisa menjadi penggerak energi listrik di Indonesia.
 
Made Tangkas menegaskan, Bali yang dikenal pulau yang sudah memiliki posisi strategis ini, nantinya jelas bisa menjadi tempat atau "pilot projek" bagaimana kendaraan listrik itu bisa digunakan di Bali yang juga bisa membantu program pemerintah untuk kendaraan listrik tersebut.
 
Percepatan persiapan regulasi 
 
Sebelumnya dalam FGD, Menteri ESDM Ignasius Jonan juga menandaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar Indonesia tidak tertinggal dalam penggunaan kendaran listrik seperti yang sudah dilakukan negara-negara lain di dunia termasuk negara maju.
 
Untuk itu, langkah yang mendesak dibuat dengan merancang peraturan pemerintah sebagai regulasi yang akan mengatur hal itu. Sejauh ini, rancangan regulasi itu sudah beberapa kali dibahas dan nantinya akan dibawa ke Rapat Terbatas kabinet untuk dilakukan pembahasan.
 
Pembahasan itu sebelumnya melibatkan mayoritas "stakeholder" masyarakat yang diwakili lima pemimpin redaksi, yang memberikan masukan bagaimana baik dan bagusnya regulasi yang akan dibuat. Demikian juga, pelibatan pemangku kepentingan lainnya mulai Dewan Energi Nasional, Gaikindo, PLN hingga Pertamina.
 
"Pak Jokowi menghendaki agar dibuat drafting yang nantinya akan dibawa dalam Ratas dibahas. Ada saran kita juga jadi tidak akan buru-buru tetapi jangan kelamaan," tandas mantan Menhub itu.
 
Baginya, Jokowi menginginkan regulasi yang dibuat harus sederhana dan lebih memberikan insentif. Itu semua sebagai bentuk komitmen Indonesia dalam mengurangi pencemarasan lingkungan terutama yang diakibatkan oleh energi gas buang.
 
Lebih jauh Jonan mengaku langkah tersebut juga bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan kemandirian energi  listrik yang dihasilkan oleh energi panas bumi, gas dan lainnya.
 
"Dengan begitu, bisa dikembangkan di Indonesia sehingga bukan saja sebagai basis produksi melainkan juga sebagai basis teknologi. Mudah-mudahan regulasi itu bisa secepatnya kelar akhir tahun ini," tutup Jonan.

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

4 Sep 2017

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama P...

IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di ke...

3 Sep 2017

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal...

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur

21 Jan 2017

Team IOI bertemu Presiden RI di Ist...

Team IOI sudah bertemu Presiden RI di Istana Negara utk mendapat doa restu


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.