News

Harapan PIKKO Akan Berdirinya IOI

Posted on Senin, 20 Juni 2016, 07:47

Lesunya pasar otomotif nasional, menjadikan para pelaku industri otomotif melakukan berbagai upaya difersifikasi produk guna mempertahankan roda kehidupan masing masing perusahaannya.

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) Rosalina Faried, pihak nya telah melakukan berbagai macam upaya dalam meningkatkan pertumbuhan industri otomotif di tanah air.

Pertama, dengan melakukan brench mark produk komponen otomotif dengan negara tetangga. Kedua, Melakukan mapping terhadap potensi IKM Komponen otomotif. “Kita melakukan mapping terhadap kekuatan kekuatan IKM disektor mana saja yang akan dijadikan prioritas ataupun andalan,” Ujar Rosalina.

Upaya selanjutnya, Rosalina menjelaskan pihaknya akan kerap melakukan bimbingan teknis guna memperkuat kinerja SDM Industri  sehingga dihasilkan produksi komponen otomotif lokal yang berdaya saing.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dibukakan pintunya kepada para asosiasi IKM Komponen Otomotif di rumah besar Institut Otomotif Indonesia (IOI)”, ujar Rosalina dalam acara peresmian IOI di Gedung Kemenperin, Jumat (20/5).

Founder Perusahaan Rekadaya Grup ini menjelaskan landasan dasar gabungnya PIKKO dalam rumah besar IOI adalah memang sudah sepatutnya para pelaku IKM Komponen Otomotif ini dibidangi dan dibina oleh para expert ex ATPM guna meningkatkan hasil dan kualitas produksinya.

“Karena kami dari PIKKO menilai dengan lahirnya rumah IOI ini sebagai tempat bertemunya para expert industri , pihak pemerintah dan pelaku industri untuk saling memberikan pembinaan guna pertumbuhan IKM Komponen Otomotif dari tingkat Mikro, Kecil dan Menengah,”, jelasnya.

Lebih lanjut, Rosalina menyampaikan bahwa harapan PIKKO dengan terbentuknya IOI dapat meningkatkan kualitas SDM Industri Komponen Otomotif . “Kualitas SDM baik dalam segi sistem, upah dan budaya kerja”, imbuh Rosalina.

Sehingga dalam keterangannya, Rosalina menegaskan Lahirnya IOI ini diharapkan dapat membantu para pelaku IKM Komponen Otomotif dapat bertambah maju serta mampu tumbuh dan berkembang di negeri sendiri.

Sebelumnya, Deputi Industri dan Jasa Kementerian Koperasi dan UKM VIktoria Simanungkalit mennyampaikan bahwa pihak kementerian sedang mencanangkan program guna dapat melibatkan UKM dalam dunia industri otomotif nasional.

Acara peresmian Institut Otomotif Indonesia dihadiri oleh, Dirjen ILMATE Kemenperin Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen IKM Euis Saedah, Kepala BPPI Haris Munandar , Presiden IOI Made Dana Tangkas, dan pelaku IKM Komponen Otomotif baik dari PIKKO maupun asosiasi lainnya.

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

4 Sep 2017

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama P...

IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di ke...

3 Sep 2017

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal...

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri...

31 Augt 2017

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek...

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesi...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.