News

Prototype Kendaraan Pedesaan Rampung Pada Agustus 2017

Posted on Selasa, 29 November 2016, 21:57

IOI NEWS -  Berangkat dari perkembangan Industri indonesia persaingan pasar global di era MEA, kita harus membangun, mendidik, dan membina pengembangan SDM Industri."

Demikian yang disampaikan Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Made Dana Tangkas dalam acara Forum Grup Discussion (FGD) yang mengusung tema "Pengembangan SDM Industri, IKM, dan Kendaraan Pedeasaan Indonesia," di Gedung Kementerian Perindustrian , Jakarta pada Selasa (29/11).

Dalam acara tersebut, Made Dana Tangkas memaparkan bahwa tujuan digelar FGD ini alhasil kerjasama IOI bersama Kemenperin adalah Bagaimana caranya kita bersama mengembangkan SDM Industri dan IKM didalam negeri.

" Kami mengajak seluruh peserta FGD untuk membuat kendaraan pedesaan di Indonesia," ujarnya. "Setuju Nggak Kira kira ? " imbuhnya.

Menurutnya, Kendaraan Pedesaan Indonesia ini Ide, produksi, kepemilikan dan brandingnya benar benar 100 persen dari dalam negeri.

Selanjutnya, Made Dana Tangkas menegaskan bahwa IOI Bersama Kemenperin menargetkan pada Agustus 2017 pihaknya telah mempunyai dua prototype Kendaraan Pedesaan.

Terkait prototype Kendaraan Pedesaan ,tambahnya, IOI bersama Kemenperin akan menggelar lomba prototype Kendaraan Pedesaan yang akan diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Kendati demikian, Made Dana Tangkas menekankan spesifikasi Kendaraan Pedesaan tersebut, diantaranya ; Pertama, Model Kendaraan Pedesaan tidak ketinggalan zaman. Kedua, Harga jual tidak terlalu tinggi dengan kisaran harga Rp 60 - 70 Juta.

Selanjutnya, Kecepatan Maksimal Kendaraan Pedesaan nantinya akan disetting maksimal 50 - 60 km/jam.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat memberikan presiasi kepada IOI atas adanya gagasan akan pelaksanaan lomba Prototype dari Kendaraan Pedesaaan.

Syarif menekankan bahwa kerjasama yang telah dilakukan bersama IOI atau stakeholder lainnya sesuai dengan arahan Presiden Jokowidodo yang menginginkan "Bagaimana menyiapkan tenaga kerja untuk meningkatkan industri dalam negeri."

Hal Senada disampaikan Kepala BPPI Kemenperin , Haris Mundandar yang mengatakan Kendaraan Pedesaan ini sesuai dengan target pembangunan pemerintah, dimana Kendaraan Transportasi menjadi industri prioritas.

Acara FGD ini dihadiri dari beberapa rektor perguruan tinggi seluruh Indonesia dan dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama nota kesepahaman (MoU) antara Kemenperin, IOI, dan Perguruan Tinggi tersebut.

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

4 Sep 2017

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama P...

IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di ke...

3 Sep 2017

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal...

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri...

31 Augt 2017

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek...

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesi...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.