News

Institut Otomotif Indonesia (IOI) Resmi Berdiri

Posted on Jum'at, 3 Juni 2016, 12:43

Bertempat di Gedung Kementerian Perindustrian, para stakeholder industri otomotif bersama PIKKO (Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif) dan beberpa pejabat Kemenperin eperti Dirjen ILMATE, I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen IKM Euis Saedah, dan Kepala BPPI Haris Munandar secara resmi meluncurkan sebuah lembaga yang diberi nama “Institut Otomotif Indonesia (IOI)”.

Peresmian Lembaga IOI ini ditandai dengan pemukulan gong bergantian berturut turut oleh pertama oleh Dirjen IKM Euis Saedah, Dirjen ILMATE Euis Saedah, Kepala BPPI Haris Munandar dan Presiden IOI Made Dana Tangkas.

Dirjen ILMATE dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka mencapai visi Indonesia menjadi basis produksi industri otomotif dan komponen kelas, maka diperlukannya upaya serius dari para stakeholder dengan memperkuat struktur industri otomotif melalui peningkatan kemampuan industri komponen dan infrastruktur teknologi, peningkatan daya saing industri otomotif melalui peningkatan kemampuan SDM dan manajemen industri serta peningkatan penguasaan teknologi dan Research and Development Industri Otomotif.

Gusti Putu menambahkan , menghadapi MEA ini peningkatan daya saing sangat diperlukan melalui penguatan industri komponen dan industri pendukung, penguasaan teknologi, dan sumber daya manusia (SDM) industri.

” Ini merupakan kata kunci peran diresmikan IOI pada hari ini yang mempunyai peran khusus dan serius baik dari pemerintah maupun para stakeholder industri”, tegas Gusti Putu.

Sehingga dengan diremikannya IOI ini diharapkan mampu menjadi jembatan menuju kemandirian otomotif nasional, baik dari kebijakan , perkembangan industri pendukung hingga SDM.

Dalam kesempatan yang sama, Euis Saedah Dirjen IKM menekankan bahwa para pelaku IKM Komponen Lokal masih banyak mendapat hambatan.

“Masalah Utamanya adalah masih kurang percayanya publik menggunakan kompoonen otomotif produk dalam negeri”, ujar Euis.

“Dengan diresmikannya lembaga IOI sebagai rumah pertemuan antara pelaku industri, pemangku kepentingan dan pihak pemerintah melalui kementerian terkait khususnya Kemneperin diharapkan akan muncul ide ide baru terutama dalam hal pengembangan IKM Komponen Otomotif dalam negeri khususnya,” tegas Euis.

Selanjutnya, Presiden IOI, Made Dana Tangkas mengutarakan acara peresmian lembaga ini merupakan momentum baik untuk memajukan industri otomotif Indonesia.

Made Dana Tangkas menambahkan, dikarenakan hingga saat ini Indonesia belum punya brand lokal, sedangkan merek yang ada juga belum bisa mengolah karena belum paham mengembangkan teknologi.

“Ini sebuah lembaga yang kita utilisasi, yang bisa memberikan peran sebagai thiker (pemikir) dalam memberikan masukan, riset, studi yang berkontribusi untuk menentukan usulan kebijakan yang cocok untuk pengembangan industri dan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Made Dana Tangkas dalam sambutan penutupnya berharap dengan diresmikan Lembaga IOI ini bisa berperan untuk membangun industri otomotif nasional, baik dari segi pengembangan Sumber Daya Manusianya, hingga menciptakan inovasi produk yang bisa diterima dunia.

Sedangkan , Rosalina Faried selaku Ketua Umum PIKKO mengucapkan terima kasih kepada IOI yang telah membukan pintu kepada asosiasi komponen otomotif untuk bisa masuk didalam rumah besar IOI.

“Dengan adanya IOI ini, potensi SDM industri komponen otomotif mampu berdaya saing dan nantinya kami sebagai pelaku industri komponen dapat tumbuh dan berkembang di negeri sendiri”, tegas Rosalina.

Tampak hadir dalam acara ini, Deputi Industri dan Jasa Kementerian Koperasi dan UKM Viktoria Simanungkalit

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

4 Sep 2017

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama P...

IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di ke...

3 Sep 2017

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal...

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri...

31 Augt 2017

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek...

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesi...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.