News

Presiden IOI : Kendaraan Pedesaan Butuh Regulasi Dari Pemerintah

Posted on Selasa, 29 November 2016, 21:55

IOI NEWS - Menteri Perindustian, Airlangga Hartarto telah menegaskan bahwa Kendaraan Pedesaan merupakan kendaraan multi guna yang digunakan di pedesaan untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan serta disesuaikan dengan daerah geografi masing masing daerah.

Sebelumnya, Airlangga juga menilai peluang Kendaraan Pedesaan masih cukup besar sebagai kendaaraan di segmen under 1000 cc.

Terkait Kendaraan Pedesaan, Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Made Dana Tangkas menegaskan bahwa Kendaraan Pedesaan Indonesia ini butuh payung hukum (regulasi) dari pemerintah guna lancarnya tahap produksi.

“Sekarang kita butuh payung hukum dari pemerintah agar program Kendaraan Pedesaan berjalan lancar,” tutur Made Dana Tangkas dalam pers konfrens di acara Forum Grup Discussion (FGD) di Gedung Kemenperin, Jakarta pada Selasa (29/11).

Ditanya soal deasain, Made Dana Tangkas mengatakan IOI bersama Kemenperin akan menggelar sebuah lomba desain kendaraan Pedesaan sebelum dipublikasikannya Desain Prototype dari Kendaraan Rakyat ini.

Dewan Pembina dari Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) ini menambahkan bahwa peserta dari lomba ini terbuka untuk kalangan perguruan tinggi seluruh Indonesia dan akan dimulai awal Desember dan akan berakhir pada Agustus 2017 tahun depan.

Kendati demikian, Made Dana Tangkas menekankan bahwa desain Kendaraan Pedesaan Indonesia ini akan disesuaikan dengan kebutuhan darim perdesaan tersebut.

“Kita lihat akan desain dari berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan perdesaan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Made Dana Tangkas menuturkan terkait harga jual dari Kendaraan Pedesaaan ini akan berkisar Rp 60 – 70 Juta. ” Harapannya, harga jual sekitar Rp 60 – 70 Juta,” ucapnya.

Sedangkan terkait mesin, Made Dana Tangkas mengutarakan bahwa Kendaraan Pedesaan Indonesia akan dibuat dengan mesin dan model yang modern. ” Model Kendaraan Indonesia tidak bersinggungan dengan model kendaran yang sudah ada,” ungkapnya.

Terkait maintenance (perawatan), tambah Made Dana Tangkas, pihaknya akan membuat Kendaraan Pedesaan Indonesia ini lebih praktis sehingga bengkel bengkel yang berada di wilayah pedesaan mampu memperbaiki dan merawat kendaaraan ini.

Menutup keterangannya, Made Dana Tangkas mengatakan guna mendukung implementasi dari Kendaraan Pedesaan Indonesia ini, IOI bersama Kemenperin dan 22 Perguruan Tinggi di Indonesia bersinergi secara bersama melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam rangka pengembangan SDM Industri, penguatan IKM dalam negeri dan pengembangan kendaraan pedesaan.

“Kerja sama ini dilakukan IOI guna menyinergikan dan mengoptimalkan peran sejumlah lembaga yang telah ada di Indonesia dalam rangka meningkatkan daya saing industri otomotif nasional,” tegasnya

Other News of IOI

24 Mei 2018

2nd anniversary & buka puasa bersam...

Acara silaturahmi, buka puasa dan 2nd anniversary IOI bersama kalangan ABGCM di Annex Bldg Lt10 hotel Pullman. Tema : Memasuki Indonesia i4.0 dan Moto...

8 Sep 2017

Mobil Perdesaan Lebih Murah dari LC...

Gaung keberadaan konsep mobil perdesaan dan versi produksi yang dirintis Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), sempat mati ...

4 Sep 2017

IOI dan MAI Fasilitasi Kerja Sama P...

IOI NEWS - Untuk kesekian kalinya IOI (Institut Otomotif Indonesia) dan MAI (Malaysia Automotive Institute) berdiskusi tentang industri otomotif di ke...

3 Sep 2017

Kendaraan Pedesaan Bukan Hanya Soal...

IOI NEWS - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan realisasi rencana kendaraan pedesaan diharapkan bisa menjadi awal terbentuknya industri...

31 Augt 2017

IOI Dorong Bali Jadi "Pilot Projek...

Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dipergunakan sebagai energi baru untuk mendukung program pemerintah. Institut Otomotif Indonesi...

5 Feb 2017

EXPO INDUSTRI KREATIF MOBIL DAN MOT...

Membangun industri kreatif Indonesia yang berdaya saing menuju pasar bebas ASEAN dan perdagangan global, 2 – 12 Maret 2017

21 Jan 2017

Penandatanganan MoU antara MAI dan ...

Penandatanganan MoU antara Institut Otomotif Malaysia dan Institut Otomotif Indonesia di Kuala Lumpur


Sekretariat


Politeknik STMI, Jl. Letjen Suprapto No.26, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

(021) 42801783

secretariat@ioi.or.id


NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers and updates


Copyright © 2018 Institut Otomotif Indonesia All Rights Reserved.